Tips Darurat Saat Anak Demam

                          Pinterest.com
Hollaa Mak.. Akhir tahun ini cuaca di daerahku sangat begitu membagongkan. Suhu udara siang panasnya bukan main, sedangkan saat malam, suhu udara begitu dingin, dan terkadang hujan juga.

Cuaca yang tidak menentu seperti ini, alhasil bikin sulungku demam Mak. Si doi terkena radang tenggorokan, akibatnya suhu tubuh meningkat menjadi 39.2 derajat Celcius. Bingung nggak? Siapa sih emak-emak yang nggak bingung jika anaknya terkena demam.

Nggak cuma bingung aja, aku dan bapaknya udah gupuh, khawatir, keringat dingin keluar. Namun, kita nggak mungkin kan tetap terjebak dalam perasaan khawatir yang berlebihan dan terus menerus. Kita harus tetap siaga untuk mengatasi demam si anak.

Ada beberapa hal yang aku lakuin saat anak aku demam ya Mak. Mungkin tips Darurat ini bisa juga dilakukan oleh kalian-kalian yang tiba-tiba si anak demam saat malam hari. Cekidot..

1. Tips Darurat mengatasi anak demam yang pertama dari aku yaitu, cek dulu suhunya. Kalo aku, pengecekan suhu aku lakukan pada ketiak anak. Jika suhu anak lebih dari 38 derajat, langsung aku beri obat penurun panas. Bukankah suhu normal tubuh 36? Kenapa nunggu lebih dari 38 lalu diberi obat? Karena sependek pengetahuan aku, pada dasarnya, anak yang sedang demam tidak selalu harus diberi obat jika suhu dibawah 38 derajat, biarkan sistem imun anak bekerja untuk melawan apa yang tidak normal pada tubuh. CMIIW ya Mak. Dan pastikan, obat penurun panas selalu menetap di kotak P3K.

2. Saat anak demam, kita bisa mengikuti petunjuk orang tua jaman dulu juga ya Mak. Yaitu, balurkan ramuan herbal homemade yang terbuat dari campuran minyak kayu putih, bawang merah ditumbuk dan sedikit perasan jeruk nipis. Balurkan sambil dipijat lembut pada bagian perut, dada, punggung, dan betis.

3. Tips mengatasi anak demam berikutnya adalah gunakan kompres air hangat pada kening. 

4. Pastikan suhu udara dalam kamar tidak terlalu dingin atau panas ketika anak mengalami demam. Bisa gunakan kipas angin yang diputar tidak diarahkan pada anak. Dan lagi, hindari pemakaian baju tebal, karena baju tebal justru bikin suhu tubuh anak meningkat.

5. Tips terakhir, saat anakku demam kemarin, aku doping dengan air putih yang banyak Mak, karena saat tubuh demam rentan terjadi dehidrasi Lo. Juga perbanyak istirahat untuk anak, akhirnya emaknya ngelonin terus.

Selain lima tips diatas untuk mengatasi demam pada anak yang datangnya dadakan, esok harinya si mamas langsung aku bawa ke bidan mak, dari bidan dapat sirup dan obat serbuk gitu, yang Alhamdulillah 2 kali minum udah bikin mendingan.

Untuk pemulihannya, jangan lupa beri makan dan camilan bergizi ya mak. Karna biasanya si anak masih belum mau makan, kita bisa bikinkan camilan yang tinggi kalori (puding jagung, telur, santan) atau bikinkan sup kentang ayam wortel..

Salam sayang dari emak dua anak. Semangat merawat dan mendidik anak dengan baik mak💙💛

Belum ada Komentar untuk "Tips Darurat Saat Anak Demam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel